Wednesday, February 14, 2018

Theodorus Setyo, kitchen artist atau sang pemahat buah pada acara Indonesia Morning Show


Seni pahat dalam buah yang memikat ini popular dengan nama fruit carving. Aneka bentuk bisa dikreasikan sesuai dengan daya imajinasi sang kreator. Penggunaan buah sebagai media seni hingga kini sudah ada sejak 700 tahun lalu. Tepatnya di Sukoikoi, Thailand.

Seni pahat buah ini tidak hanya berkembang di Thailand saja, tetapi juga di negeri Tirai Bambu Cina. Bedanya kalau Thailand mempunyai ciri khas ukiran menyerupai tumbuhan dan hewan asli negeri gajah putih. Sementara di Cina, buah diukir sesuai dengan falsafah atau acara tradisional yang berkaitan erat dengan budaya, seperti naga, bunga teratai, dan lain-lain.

Kini seni pahat buah ini terus berkembang di berbagai Negara. Bahkan beberapa kompetisi telah diselenggarakan. Ini menjadi peluang bisnis untuk para kitchen artist, sebutan bagi sang pemahat buah.

Itu tadi keindahan buah-buah yang sudah dipahat. Wow, ibu-ibu dirumah pasti penasaran khan. Gimana cara bikinnya ?? Nah gimana ?? Sekarang ini saya sudah bersama Syahrial. Halo !!! Selamat Pagi. Sudah siap mengajari saya di Indonesia Morning Show. Untuk fruit carving. Tapi sebelum itu saya penasaran deh. Kamu ini bikinnya rata-rata bunga, berarti sukanya aliran Thailand yah ?? Aaaa . . . .Lebih ke arah sana memang.

Lalu apa bedanya dengan aliran yang lain ??
Sebenarnya di setiap Negara itu tergantung yah. Tergantung si kreatornya. Jadi ada background kebudayaan. Jadi biasanya dibawa sama sang kreatornya, dituangkan ke buah.

Kok ?? enggak aliran Indonesia aja.
Sebenarnya simpel sih. Kalau Thailand itu gampang. Jadi bisa berbentuk bunga, bisa berbentuk hewan seperti yang tadi di TV-TV itu.

Ok, seru banget tuh. Kalau begitu Ibu-Ibu yang sudah siap dengan pisaunya. Yuk sekarang belajar ikutin saya dan Chef. So gaya. Gimana pertama-tamanya chef ??
Langkah pertama, kita harus ada stand. Jadi ini kan enggak stabil yah. Serious dangerous. Jadi kita bikin stand.

Oh jadi buah nya itu harus tegak dan harus berdiri.
Harus firm dan stabil. Kemudian kita kupas saja.

Nah kalau ngomong-ngomong tentang pisaunya sendiri. Pisaunya ada yang khusus atau tidak ??
Ada. . . . Ada. . .Ada pisau khusus. Cuman karena kita ini khan. Saya lagi ngajarin ibu-ibu dirumah. Mungkin mereka sedang cari pisau sampai ke Thailand hanya untuk pagi-pagi ginih. Jadi tetap pakai pisau biasa, ini paring knife, bisa digunakan. Pokoknya yang penting tajam dan harus hati-hati yah. Ibu-Ibu di rumah atau pemirsa dirumah harus hati-hati.  Nah kita awalnya seperti ini. Dikuliti dulu untuk membikin polanya.

Ini harus punya skill khusus ??
Pasti. . . .Pasti. . . .Jadi kita harus punya imajinasi yang tinggi. Dan harus pintar bikin pola yah. Sekarang kayak kita mau bikin rose ini yah. Pemirsa di rumah bisa lihat rose seperti ini contohnya. Kita bisa fokus on ini dulu. Kita bikin bulatan dulu yah. Ya bikin pattern.

Nah ini harus hati-hati juga pegang pisaunya. Kalau buahnya sendiri bagaimana ??
Kalau untuk pemula, teksturnya harus yang soft. Seperti melon, semangka, atau juga papaya.

Tapi ini saya ngelihat anggur chef. Ini kan kecil banget yah. Nah, Nanti kita akan praktek dengan ini juga ??
Biasanya anggur cuman diginiin doang. Ini buat hiasan kalau lagi lucu-lucuan tuh. Ditaruh di slice fruit.
Ini kita bentuk setengah lingkaran.

Tapi kalau chef awal mulanya belajar ini, itu bagaimana ? Autodidak atau ??
Aku autodidak. Kebetulan saya punya Bapak angkat orang Bali. Beliau salah satu yang ngebentuk saya sampai sekarang. Dia yang ngajarin saya carving sewaktu saya appearante ship di Novotel di salah satu hotel di Sumatera yah. Beliau nangkep saya, oh kayaknya nih anak bisa bikin carving. Beliau lah yang ngajarin.

Kalau saya enggak berbakat nih untuk mahal gitu kan. Terus kayak gambarnya juga . . . .
Pasti dulu pas jaan-jamannya SD atau SMP nilai gambarnya jelek.

Itu bagaimana saya mengatasi kesulitan saya ?? bagaimana saya mengatasi keterbatasan saya ??
Nanti ini aja, tetap untuk terus belajar. Ngeliat sekarang kan gampang tuh, media-media gambar, media-medianya.

Oh ini pemirsa. Untuk membikin bunganya, diselai-selai gituh. Oh gini teknik bikin kembang seperti itu. Tapi tetap ada beberapa bagian yang harus dibuang. Sehingga kita bisa melihat 3 dimensi.
Ini Food Carving buat acara apa saja ??
Itu dari buve yah kalau di hotel-hotel. Itu di Buffee ada di cold section biasanya di tempat-tempat buah. Bisa-bisa tetap, buat hiasan. Nah sekarang kita bikin ininya nih. Ini udah jadi bunganya. Kita tinggal bikin pinggirannya doang.
Prosesnya gampang. Tadi kan udah masuk nih, kita tinggal pakai feeling aja.

Kalau sampai saat ini, buah yang paling sulit untuk dipahat. Itu apa Chef ??
Ya keras itu ada. Buah Pumpkin. Itu kayaknya buat bikin sayur lodeh aja.
Ini udah jadi.

Nah yang dicongkel ini musti yang di luar dari yang udah dipahat gituh.
Iya betul. Ini jadi pola daun itu sendiri.

Jadi jangan sampai anda salah sendiri saat memotong.
Bahaya, hati-hati.
Nah ini sekarang tinggal dibentuk kayak tadi. Tinggal garis lurus. Gitu aja.
Bikin lagi kayak gituh yah. Bisa. . . . . . . .

Maaf chef kalau imajinasi saya jelek.
Enggak apa-apa.
Namanya juga pemula lagi belajar.

Kedalamannya berapa chef ??
Terserah.

Nah kalau kita pakai pisau khusus untuk fruit carving. Itu akan lebih mudah atau ??
Pasti lebih mudah. Soalnya pisau carving itu bermacam-macam. Jadi ada yang atasnya lurus. Kemudian dari bawah sini tidak bergerigi. Jadi bentuknya adalah seperti ini. . . . .semakin runcing di ujungnya dan fleksibel. Jadi kita enak kalau mau ngulik-ngulik dalemannya. Buahnya itu enak.

Tapi kalau untuk pemula seperti saya, kira-kira berapa lama dibutuhkan untuk membuat 1 fruit carving ??
Sebulan lah, kalau memang ada passion.

Lama yah chef yah. Kalau bikinnya memerlukan waktu yang lama, buahnya apa tuh chef ??
Buah Labu. Struktur buahnya kan keras tuh. Jadi kita mesti ekstra hati-hati.
Itu juga enggak bisa pakai pisau biasa.

Sebentar lagi sudah jadi pemirsa.
Biar efek ini naik, kita harus bikin seperti ini. Jadi ujung-ujung dari gambar bunga kemudian dipotong-potong lagi. Biar saya lebih mahir lagi.

Apakah chef memberi kelas khusus ??
Saya ada kelas private sebenarnya. Anda bisa mengikutinya di Instagram.

Ini cantik luar biasa. Ini mungkin ibu-ibu sudah bisa melihatnya sendiri, sudah ada efek Tree D nya.
Ini Chef, anda buat ini kan cuma memerlukan waktu 15 menit. Kalau chef yang paling sulit dari pengalaman bikin fruit carving ??
Yang ini nih. Bikin fruit carving dari buah labu.


Video:




Foto:

 
Gimana cara membuat fruit carving dari buah dan sayuran ?? berikut ini presentasi dari Chef Theodorus Setyo.
Theodorus Setyo, kitchen artist atau sang pemahat buah pada
acara Indonesia Morning Show

Gimana cara membuat fruit carving dari buah dan sayuran ?? berikut ini presentasi dari Chef Theodorus Setyo.
Theodorus Setyo, kitchen artist atau sang pemahat buah pada
acara Indonesia Morning Show

 
Gimana cara membuat fruit carving dari buah dan sayuran ?? berikut ini presentasi dari Chef Theodorus Setyo.
Theodorus Setyo, kitchen artist atau sang pemahat buah pada
acara Indonesia Morning Show


No comments:

Post a Comment

Komentar adalah segalanya bagi penulis. Deretan susunan kalimat, entah itu pro atau pun kontra. Interaksi tersebut, bagaimanapun juga bertujuan menciptakan diskusi yang membangun. Dan saya, Clenoro Suharto, merasakan manfaat itu. Terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar pada blog https://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Acara Masak Memasak (2) Adang Muhidin (8) Aeromodelling (1) Afrika (1) Agristream TV (1) AGTV News (1) Ahmad Fajri (1) Air Terjun (1) Akar (4) Akar Bambu (5) Aksesoris (4) Alat Musik (15) Anggur (1) Angklung (10) Antara News (11) AnTV (3) Anyer Bakery (1) AR Channel (1) Arab Saudi (1) Asep Sancang (2) Bajaj (1) Bali (12) Balik Papan (3) Bambang Sudarsono (4) Bambootronic (1) Bambu (35) Ban Bekas (2) Bandung (17) Banten (3) Banyuasin (1) Banyuwangi (2) Batik (2) Batu (1) Batu Bara (1) Bawang (2) Beijing (2) Bejo Wage Suu (3) Bekas (2) Belajar (1) Belfast (1) Belgia (1) Berita Satu (5) Berlin (2) Biola (1) Blitar (2) Blogspot (3) Blora (1) Bogor (2) Boneka (3) Boneka Telur (1) Bonggol Bambu (1) Boyolali (1) Brussel (1) Buah dan Sayuran (2) Budaya (2) Burung (6) Bus (1) Busana dan Pakaian (3) Cangkang Telur (8) Ciamis (5) Cina (4) Cirebon (2) Cismi Cikwati (2) Clay (1) CNN Indonesia (4) Daai TV (1) Dandung Santoso (1) Daniel Vogel Essex (1) Dapur (1) Daun (4) Deli Serdang (1) Den Pasar (3) Depok (3) Desa Setulang (1) Detik News (1) Dewi Kocu (3) Didi Diarsa Adiana (4) Dokter (1) Dokter Gigi (1) Dot Art (1) Drum (1) Eceng Gondok (2) Eropa Tengah (1) Erosiska Cantika (2) Es Krim (12) Es Krim Buah (4) Es Krim Sayur (9) Facebook (10) Fajrin Aziz (2) Festival (1) Filipina (1) Flora dan Fauna (3) Florenzia Zea (2) Forklift (1) Froz Banana (1) FruChips (1) Fruit Carving (16) Gabus (1) Gadjah Mada (1) Game (1) Ganda Suganda (1) Ganda Suhanda (2) GeoLive (1) Ghana (1) Gianyar (1) Giasa Lutfiah (1) Gilang Mobyar (2) Gitar (4) Gitar Batik (1) Gorontalo (1) Gratis (1) Gresik (1) Gunung Kidul (1) Guru (1) Handphone (1) Helm (1) Herman (1) Hidroponik (3) HOw to (4) Ice Carving (1) Indonesia Morning Show (2) Indosiar (3) Indramayu (1) iNews TV (1) Instagram (4) IPB (Institut Pertanian Bogor) (1) ITS (1) Jagung (1) Jakarta (8) Jakarta Timur (2) Jakarta Utara (1) Jam Tangan (3) Jambu Kulon (1) Jasa Sewa (1) Jatnika Nangga Mihardja (2) Jatnika Nangga Miharja (5) Jawa Barat (28) Jawa Pos TV (1) Jawa Tengah (16) Jawa Timur (40) Jelekong (8) Jember (6) Jepang (2) Jepara (1) Jerman (2) Jombang (2) Kabar Kampus (1) Kain (2) Kaleng (7) Kaligrafi (3) Kalimantan (6) Kalimantan Barat (1) Kalimantan Timur (3) Kalimantan Utara (2) Kanada (1) Kapal Laut (1) Kardus (1) Karung (5) Karung Goni (11) Kayu (14) Kebumen (1) Kedai (1) Kediri (4) Kelapa (11) Kelapa Gading (1) Kelinci (2) Kenari (1) Kendaraan (5) Kendaraan Listrik (2) Kerajinan (35) Kerajinan Tangan (12) Kerang (5) Kerikil (1) Keripik (1) Kertas (2) Klaten (1) Koki (1) Kompas TV (13) Kompetisi (8) Komputer (1) Kontes (1) Kopi (2) Korek Gas (1) Kue Cubit (1) Kulit Telur (1) Kulit Ular (1) Kulon Progo (1) Kursi (1) Kusnudin (2) Kuta (1) Kutai (1) Lamongan (2) Lampion (1) Lampu Hias (5) Lampung (5) Lego (1) Lembaga sosial (1) Lilin (1) Limbah (5) Liputan 6 (5) Liputan Kota (1) Lius Kasdianto (1) Lomba (1) Lukis Telur (2) Lukisan Kaleng (2) Madiun (1) Madrasah (1) Magelang (3) Mahasiswa (1) Mainan (1) Makanan dan Minuman (4) Makassar (1) Malang (1) Malinau (1) Maluku (1) Mandau (1) Masbash (4) Medan (6) Meksiko (1) Merajut (3) Mesin Cuci (1) Mesir (1) Metro TV (37) Miniatur (15) Minuman Teh (1) MNC TV (2) Mobiloo (1) Modifikasi (1) Molis (1) Motor (3) Motor Gede (1) Motor Listrik (3) Muklis Abdul Kholik (5) Museum (1) NDtv (1) Net TV (55) Nganjuk (2) Ngawen (1) Ngawi (2) Ngemplak (1) Novie Simon (4) Oey Min Lan (1) Pacitan (1) Padang (3) Padang Sarai (1) Pagi Pagi (1) Palembang (2) Panjalu (1) Pantai (1) Paper Cutting (3) Papitakidsnews (1) Paskah (1) Pasuruan (2) Penangkaran Burung (3) Pendidikan (4) Penenun (2) Pengrajin (2) Pensil (1) Penyiar (5) Pepaya (1) Perancis (1) Perpustakaan (1) Pertanian dan Perkebunan (1) Pesawat (1) Peternakan (2) Pikiran Rakyat (1) Pinrang (1) Pipa (1) Pirografi (2) Pisang (1) Pluit (1) Pointilisme (1) Ponorogo (1) Pot Hias (2) Praha (1) Pringsewu (1) Probolinggo (1) Pulang Kampung (1) Pulau (1) Pulau Buton (1) Pulau Morotai (1) Purbalingga (2) Purwakarta (2) Pustaka Gerobak Sapi (1) Radar TV News (1) RCTI (2) Robot (2) Rohimat Hermawan (1) Rotan (8) Rotan Karakter (6) Rumah (5) Rumah Bambu (5) Rumah Kayu (1) Rumah Tangga (5) Sakti TV (1) Salak (2) Salatiga (3) Sampah (1) Sandal (1) Sapa Indonesia (5) Sarung (9) Sarung Goyor (11) Sarwidiyanto (3) Sawah Lunto (1) Sedotan (1) Sejarah (2) Sekolah (3) Selis (2) Semarang (3) Seni Decoupage (9) Seni Lukis (27) Seni Pahat (4) Seni Tari (1) Seni Ukir (12) Sepatu (1) Sepeda (17) Sepeda Bambu (10) Sepeda Kayu (5) Sepeda Listrik (17) Seputar Indonesia (1) Serbuk (1) Shanghai (1) Siluet Art (2) Sindhu Prasastyo (3) Sindo News (4) Singgih S Kartono (2) Singkong (1) Siswa (1) Skuter (1) Sleman (1) SMA (1) Snack (1) Solo (12) Solo Pos TV (6) Somalia (1) Songket (1) Sragen (2) Sri Sulastri (3) Sri Wahyuni Handayani (2) Sriwijaya TV (1) Sukabumi (2) Sukoharjo (7) Suku Dayak (6) Sulawesi (3) Sulawesi Selatan (4) Sulawesi Tengah (1) Sulawesi Tenggara (1) Suling (1) Sumatera (2) Sumatera Barat (3) Sumatera Selatan (3) Sumatera Utara (6) Sumbawa (1) Surabaya (6) Surabaya TV (1) Surf (1) Susilowati (3) Sutrisno (1) Swiss (1) Taiwan (1) Tampaksiring (1) Tangerang (2) Tato (1) Taufik Kurohman (1) Tawang Sari (2) Tebet (1) Teguh Joko Dwiyono (2) Teknologi (3) Telepon (1) Teluk Naga (1) Telur (9) Telur Paskah (1) Temanggung (3) Tempo TV (2) Tenaga Surya (1) Timlo TV (1) Tiongkok (1) Tips & Trik (1) Tonight Show (1) Tradisional (1) Trans 7 (10) Transportasi (2) Tuban (1) Tulung Agung (4) TV Bisnis (2) TV One (1) Twitter (2) Ukir Telur (1) Ukiran (5) Ukraina (1) Unik & Lucu (2) Universitas (3) Unyil (4) Vancouver (1) Video 02 (17) Video 04 (3) Video 05 (16) Viva News (1) Wahyu Kristanto (1) Wajo (1) Wawancara (4) Way Haru (1) Wayang (1) Website (4) Wetz Shinoda (1) Winarto (3) Winawan Mardi (2) Wine (2) Yaman (1) Yogyakarta (11) You Tube (5)