Kring kring goes goes, kring kring goes goes
Loh kok, engga di goes sih. Tapi bannya masih bisa muter tuh. Oh pantes, pakai baterai sih, alias pakai tenaga listrik.
Eith, jangan salah. Sepeda listrik ini bukan buatan Cina ataupun Jepang loh. Tapi buatan pabrik di Indonesia.
Sepeda listrik banyak disukai karena ramah lingkungan, tanpa ada gas buangnya. Jadi pas banget deh buat kendaraan masa depan.
Oh iya, sepeda listrik juga bukan termasuk kendaraan bermotor loh. Kecepatan maksimalnya hanya 28 kilometer per jam saja.
Sepeda listrik buatan Indonesia ini sudah ada 15 varian loh. Dijamin kualitasnya dan tidak kalah sama sepeda listrik buatan luar.
Langsung saja yuk, kita lihat produksinya. . . . .Come on
Bahan utama untuk rangka sepeda adalah besi, sama seperti sepeda pada umumnya. Nah kalau mesin ini namanya mesin fixing. Fungsinya untuk memberi lekukan pada ujung besi sebagai tempat sambungan.
Rangka sepeda yang terbuat dari besi, punya tingkat kekuatan paling tinggi. Dengan teknik penyambungan seperti ini, besi stang sepeda bisa kuat menahan beban sampai 500 kilogram. Wiih. . .hebat kan.
Nah kalau yang sedang dilubangi ini adalah rangka besi bagian body. Ukuran diameter besinya lebih besar, yaitu 1,25 inci. Khusus untuk membuat rangka bagasi atau boncengannya. Mesin akan menekuk besi sampai 180 derajat. Wiih. . .Saingannya limbad nih.
Waduh, sepeda ringset bener deh. He heh. . .Minta dibenerin mulu. Duit lagi, duit lagi.
“Wah Pak Ogah, ngapain pak bawa-bawa sepeda rusak begitu.”
Yee malah ngeledekin. Bantuin dong.
“Mendingan di kiloin aja Pak. Lagian udah 2016, masih aja pakai sepeda di kayuh begitu.”
Yang namanya sepeda, ya pakai kayuh. Buat goes. Emang ada yang pakai dayung.
“Ye, bukan pakai dayung Pak. Tapi pakai tenaga listrik. Biar enggak capek.”
Hah. . ..listrik. Ogah ah. Tarif listrik naik mulu Den. Entar pak Ogah enggak bisa bayar lagi. Mendingan di kayuh aja biar sehat.
“Iya sih, tapi kalau sepedanya sudah ringsek begitu, mana bisa bikin sehat. Yang ada malah encok lagi.”
Sekarang, kita satukan rangka-rangka besinya yuk. Mulai dari besi penopang stir, tempat duduk, sampai kayuhannya. Lasio ini fungsinya hanya untuk menempelkan besi hingga membentuk rangka sepeda yang utuh. Jadi jangan dinaikin dulu yah teman, karena masih belum cukup kuat. Pasang juga rangka bagian belakang dan boncengannya.
Sepeda sudah ada sejak abad ke 18. Saat pertama kali ditemukan, sepeda belum menggunakan rangka besi seperti ini loh. Tapi masih pakai kayu. Siip, setelah itu pasang juga asesoris lainnya. Seperti pijakan kaki, sandaran spake-board, dudukan belakang, sandaran baterai, sampai tempat kabel-kabel rem.
Ok deh, selanjutnya baru deh buatkan sambungan menggunakan las. Untuk rangka bagian belakang, masih menggunakan las CO.
Kalau untuk bagian depan, pakainya las argon. Supaya hasil sambungannya lebih halus.
Setelah itu luruskan antara bagian depan roda dan belakangnya, biar simetris.
Tumpuannya ada di lobang kayu ini. Samakan juga dengan bagian boncengan dan bagian stangnya. Siiip sudah lurus tuh.
Harus benar-benar lurus yah, karena kalau tidak nanti sepedanya enggak bisa jalan lurus sewaktu dipakai.
Lanjut. . . .Kita mandiin sepedanya dulu yuk, pakai pasir besi biar enggak gampang karatan.
Memandikan sepeda harus pakai shower juga dong. Namanya sand blesting. Semprot selama kurang lebih 4 menitan.
“Eh, aduh. Susah banget sih masangnya.”
Wah wah wah. Jangan Den, bahaya.
Sini biar Pak Ogah aja yang masangin.
“Eh kenapa Pak Ogah ?”
Aduh duh duh duh. Ah nyetrum Den.
“Pasti tangan Pak Ogah basah tuh. Mangkanya jadi kesetrum.”
Ini dia yang ditunggu-tunggu. Pengecatan.
Untuk yang pertama menggunakan cat dasar dulu. Ngecat ini fungsinya untuk melindungi besi agar tidak mudah berkarat. Maklum, besi kan bahan logam yang mudah sekali berkarat. Apalagi kalau udaranya lembab seperti di Indonesia ini.
Setelah itu baru deh, lapisi dengan cat tipes stocking alias cat khusus untuk pembakaran. Meski keringnya lama dan harus dipanaskan dulu, tapi cat jenis ini lebih tahan terhadap goresan. Jadi lumayan awet kalau untuk cat sepeda.
Oke, sekarang waktunya di oven biar cat nya cepat kering dan warnanya lebih matang.
Panaskan dengan suhu 180 derajat celcius, selama 20 menit.
Oh iya, untuk jenis yang ini, ada 6 pilihan warna. Tinggal pilih saja sesuai selera.
Masuk ke tahap perakitan.
Di ruang perakitan ini, seluruh bagian sepeda disatukan. Mulai dari memasang gir atau kayuhan, forex atau bagian depan roda, serta spake-board depan dan belakang. Jangan lupa, pasang roda-rodanya yah. Pakai yang diameternya yang 16 inci saja, biar lajunya bisa optimal. Terus pasang rantainya juga. Kaitkan dengan roda bagian belakang.
Listrik dari baterai nantinya akan mengantarkan energi roda belakang ini. Sehingga menghasilkan gerak rotasi yang roda sepedanya bisa melaju.
Nah, lobang pada rangka body sepeda ini fungsi nya sebagai jalur untuk kabel-kabel listriknya. Biar nyaman dikendarai, pasang stang dan jok tempat duduknya juga.
Kelebihan dari sepeda listrik made in Indonesia ini, kita enggak perlu susah-susah lagi mencari suku cadangnya. Karena pabrik ini juga menyediakan suku cadang lengkap, plus jasa reparasinya juga loh. Gimana, komplit kan ??
Terakhir ini dia, baterainya. Baterai kering inilah yang akan memberikan tenaga ke mesin dengan daya 350 watt. Sehingga sepeda ini bisa melaju sejauh 35 km. Jika sudah habis, baterai ini masih bisa diisi ulang dengan cara di charge selama 4 sampai 6 jam.
Sepeda listrik ini sudah diproduksi masal dan bisa kita peroleh di pasaran dengan harga sekitar 4 juta an. Eith, ada lampu, klakson, dan juga power tambahan untuk meringankan kayuhan loh. Pokoknya lengkap deh.
Dari pada kesetrum lagi, mendingan pakai motor legendaris pak Ogah aja nih. Penuh kenangan. . . .ha ha ha ha
Yah, baru juga dipuji, kumat lagi. Hah dasar, nasib-nasib.
“kenapa gah motornya ??”
Biasa, ngadatnya kuman neng.
“Ya elah, motor udah butut, masih aja dipakai. Nih, motor kan umurnya sama kayak kamu Gah. Ya udah, entar kamu nyalain yah. Biar ogah yang ngecek mesinnya. “Beres deh. Udah belum gah ??”
Aduh demek deh muka Ogah. Main nyalain aja sih.
Video:
Foto:
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
Cara Membuat Sepeda Listrik – Laptop si Unyil |
No comments:
Post a Comment
Komentar adalah segalanya bagi penulis. Deretan susunan kalimat, entah itu pro atau pun kontra. Interaksi tersebut, bagaimanapun juga bertujuan menciptakan diskusi yang membangun. Dan saya, Clenoro Suharto, merasakan manfaat itu. Terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar pada blog https://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/